Minggu, 11 Mei 2014

alamiah dasar



Nama               :Vinsensius Atmat Jaya
Nim                 :2013210105
Program Studi  : Ilmu Administrasi Negara
Tugas 1.
1.sifat unik manusia.
1.     Homo sapiens adalah manusia dapat berfikir, sehingga manusia merupakan mahkluk yang cerdas dan bijaksana.
2.    Homo languens adalah manusia dapat berbicara, sehingga cara mereka berfikir mereka sampaikan lewat bahasa.
3.    Homo economicus adalah manusia dapat berusaha dan bekerja serta mengenal perhitungan ekonomi.maksudnya mereka sudah bisa melakukan transaksi jual beli dimana pun mereka mau.
4.    Homo humanis adalah manusia memiliki sifat kemanusiaan terhadap sesamanya.
5.    Homo socius adalah manusia cenderung hidup berkelompok atau bersama di masyarakat.memiliki ketergantungan yang tinggi dengan masyarakat yang ada di sekitarnya.sebagai mahkluk sosial, manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain,dan manusia membutuhkan orang lain.
6.    Homo religius adalah manusia memiliki keyakinan/kepercayaan terhadap leluhurnya.mereka menyadari adanya kekuatan gaib yang luarbiasa.
7.    Selain sifat unik diatas, manusia juga memiliki sifat unik seperti sifat binatang, sifat syetan dan sifat malaikat.artinya, sifat binatang adalah manusia cenderung berperilaku serakah, membunuh, mencuri, dan melakukan sex bebas (free sex).sifat syetan adalah manusia memiliki sifat suka berbohong, tidak taat pada perintah Allah.serta manusia juga memilki sifat malaikat dimana manusia memiliki sifat budi pekerti yang baik, memiliki hati yang mulia,patuh dan tunduk pada Allah.
2.       pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui melalui alat indera tanpa menghiraukan benar atau salah.jadi, apapun yang manusia lihat, dengar, cium, rasa, dan lain sebagainya dari objeknya.kemudian mereka menyimpulkan bahwa itu adalah pengetahuan.pada tahap ini pengetahuan adalah tidak memiliki metodologi.
Sedangkan ilmu pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui dengan alat indera serta menggunakan metodologi ilmiah, seperti penelitian, observasi, experimen dan apapun caranya.dan kebenarannya sudah teruji secara ilmiah.
3.sumber-sumber pengetahuan
1.    Pancaindera, manusia memiliki lima alat indera yang semuanya berfungsi secara optimal.dengan mata manusia bisa menciptakan pengetahuan dengan cara melihat kejadian-kejadian yang terjadi.begitu juga dengan hidung, telingga, mulut, kulit, yang bisa menciptakan temuan baru yang kemudian manusia menamakannya dengan pengetahuan.
2.    Intuisi, manusia yang memiliki intuisi adalah mereka sejak lahiriah sudah dikaruniakan kemampuan untuk mengetuhui segala sesuatu tanpa memikirkannya.
3.    Wahyu, hanya nabi-nabi utusan Allah yang bisa menerima pewahyuan.dan orang yang menerima pewahyuan adalah mereka yang luarbiasa.
4.    Pikiran, manusia mempunyai dua pandangan.pertama, filsafat,artinya manusia memiliki pemikiran lebih tinggi lagi dari sebelumnya.mereka cenderung melakukan pembuktian yang jelas dengan berbagai penelitian.orang-orang filsafat pada umumnya tidak mudah percaya begitu saja.mereka membutuhkan pemikiran yang rasional dan empiris dalam pengkajian tersebut.kedua,mithos manusia mudah mempercayai suatu pengetahuan dengan memperhatikan perhitungan sejarah sebelumnya.mereka percaya dengan hal-hal gaib yang terjadi tanpa melakukan pembuktian.
4.tahap pengetahuan manusia menurut Comte.
1.    Tahap metafisika adalah pengetahuan merupakan subjek.pada tahap ini manusia lebih banyak berkhayal, berimajinasi, dan berpikir irrasional (tidak masuk akal).
2.    Tahap filsafat adalah manusia sudah berfikir dengan rasional.namun masih dangkal dan belum ada metodologi.
3.    Tahap positif adalah pengetahuan merupakan objek bukan subjek lagi.manusia sudah berpikir rasional terhadap berbagai perubahan dan mereka cenderung kritis dan sistematis tarhadap pengetahuan.pada tahap ini, manusia boleh dikatakan sempurna.
5.       pengetahuan terbentuk melalui proses yang sistematis.artinya suatu pengetahuan tidak akan tercipta tanpa ada step/tahapan.menurut saya, pengetahuan terbentuk melalui alat indera yang pada awalnya kebenarannya belum teruji.kemudian berkembang lagi menjadi ilmu pengetahuan yang lebih sistematis dan lebih maju lagi.prosesnya dengan menyesuaikan dngan perkembangan zaman.
6.       periodesasi sejarah pola pikir manusia.
Manusia terbagi dalam tiga pola/ciri khas.  
1.    Akal budi,pada dasarnya manusia memiliki akal budi.
2.    Rasa aingin tahu (curiousity), manusia ingin selalu mengetahui apa yang terjadi di lingkungannya.
3.    Second creator (pencipta kedua), manusia di ciptaka oleh Tuhan pada dasarnya untuk mengolah bumi ini.jadi manusia bisa menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menciptakan sesuatu.
Manusia cenderung akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman.karena itu merupakan sebuah tuntutan yang harus terpenuhi dalam bermasyarakat.mereka memiliki rasa ingin tahu, kemudian mereka melakukan penalaran (mithos) dan selanjutnya menghasilkan pengetahuan.
7.       Menurut saya, pola pikir manusia akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan  zaman.karena manusia akan berusaha menyempurnakan segala sesuatu (pengetahuan) dengan cara-cara mereka agar tidak ketinggal zaman.

8.tahap metode ilmiah.
1.      Menentukan permasalahannya.
2.      Melakukan survei terhadap data yang tersedia.
3.      Memformulasikan hipotesa
4.      Menyusun kerangka analisa dan mempersiapkan alat-alat untuk menguji hipotesa.
5.      Mengumpulkan data primer.
6.      Mengolah, menganalisa dan membuat interpretasi.
7.      Membuat kesimpulan
8.      Membuat laporan.
9.         sebagai mahasiswa, saya akan selalu belajar menerapkan sikap ilmiah dengan cara mengkaji segala kejadian yang terjadi di sekitar saya dengan berbagai metode ilmiah.saya tidak harus memutuskan suatu kasus tetapi  harus kajian-kajian ilmiah tidak hanya dengan penalaran (mithos) tetapi dengan rasioanal dan empiris.melakukan pembuktian dengan berbagai penelitian, observasi dan sebagainya.
10.       dalam ilmu sosial saya ingin mengetahui perilaku-perilaku seorang pegawai dalam sebuah organisasi atau institusi.saya ingin mengetahui bagaimana dampak ilmu alamiah dasar terhadap organisasi pemerintah.dan bukan hanya organisasi pemerintah.ini juga berlaku terhadap organisasi swasta.bagaimana pola pikir orang-orang yang berkecimpung di dalamnya dalam mengambil keputusan harus memperhatikan impact/dampak/pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat luas.saya juga ingin mengetahui pola kehidupan masyarakat.dalam ilmu sosial saya lebih ditekankan untuk mempelajari berbagai tingkah laku yang terjadi di masyrakat serta bagaimana cara seorang sarjana ilmu sosial menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat.
Tugas 2 (ujian tengah semester).
Artikel tentang kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknologi.
apresiasi saya, terkadang pemanfaatan teknologi dalam ilmu pengetahuan sudah maksimal.namun, masih ada teknologi yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.dikarenakan beberapa penyebab.nah, faktor ini yang menjadi penghambat bagi  para pengguna teknologi tersebut harus menjadi perhatian serius bagi para pengguna untuk lebih maksimal lagi.teknologi merupakan suatu media yang yang tidak di pisahkan dari kehidupan kita.media ini yang kemudian memberikan pengetahuan kepada kita.sebagai insan akademis kita di tuntut untuk bisa menguasai teknologi informasi agar kita tidak mudah untuk di bodohi oleh bangsa luar.sumber daya manusia (SDM) saat ini sudah sangat memprihatikan.khususnya di indonesia senndiri.masih banyak insan muda yang perlu pembimbingan dalam menguasai teknologi untuk pembekalan di masa depan.bagaimana bangsa ini akan maju jika insan-insan bangsa tidak dilatih untuk menguasai berbagai teknologi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar